KATA PENGANTAR
Puji dan Syukur penulis panjatkan yang kepada Allah SWT, yang telah
memberikan rahmat dan karunia-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan naskah
proposal ini yang berjudul “Usaha Makanan Ringan” dapat diselesaikan.
Dengan selesainya naskah proposal ini tidak terlepas dari bantuan banyak
pihak yang telah memberikan masukan-masukan kepada penulis. Untuk itu penulis
menyampaikan terima kasih yang tulus kepada:
1.
Bapak dan
Ibu yang senantiasa memberikan nasihat, dukungan semangat, pengorbanan yang
tiada tara serta doa yang tak pernah berhenti mengalir.
2.
Bapak Achmad
Fauzi, M.Kom, selaku guru mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan yang telah
memberikan bimbingan, arahan, dan motivasi dalam mengerjakan proposal ini.
3.
Teman-teman
kelas XI MIPA 3, terima kasih atas kebersamaan, kerja keras, dan dukungan
motivasinya.
4.
Bapak dan
Ibu guru di Program Studi Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Madrasah Aliyah
Negeri 19 Jakarta yang telah dengan sabar memberikan ilmu pengetahuan,
pencerahan, dan bimbingan dalam belajar.
Penulis menyadari
bahwa penulisan proposal ini jauh dari sempurna karena masih banyak kekurangan,
baik dari materi maupun teknik penyajiannya, mengingat masih kurangnya
pengetahuan dan pengalaman penulis. Untuk itu, kritik dan saran yang membangun
sangat penulis harapkan.
Jakarta, Oktober 2017
Penulis
DAFTAR ISI
LEMBAR PENGESAHAN
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
DAFTAR GAMBAR
DAFTAR TABEL
DAFTAR LAMPIRAN
I. PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
B. Rumusan
Masalah
C. Tujuan
dan Manfaat Penulisan
II. PEMBAHASAN
A. RENCANA
BISNIS
·
VISI
·
MISI
B. STRATEGI BISNIS
·
Kegiatan
pemasaran dan promosi
·
Target pasar
·
Strategi
pemasaran
C. KEUNGGULAN USAHA
·
Bahan baku
yang mudah didapat
·
Fungsi
pemasaran
D. ANALISIS DAN DAMPAK RESIKO USAHA
·
Dampak terhadap masyarakat sekitar
·
Dampak terhadap lingkungan
·
Analisis resiko usaha
·
Produk yang kurang menarik minat masyarakat
·
Tahu rambutan yang kurang diminati
·
Antisipasi resiko usaha
·
Produk kurang menarik minat masyarakat
·
Tahu rambutan yang tidak laris
E. KEBERLANJUTAN
III. PENUTUP
3.1. Kesimpulan
3.2. Saran
LAMPIRAN
DAFTAR GAMBAR
Gambar 2-1 : Struktur Organisasi
Gambar 2-2 : Logo Usaha
Gambar 3-1 : Perkembangan Pasar
DAFTAR TABEL
Tabel 2-1 : Tabel Kepuasan Pelanggan
Tabel 3-1 : Tabel Pengujian Kualitas
DAFTAR LAMPIRAN
Lampiran 1 : Foto Pembuatan Proposal
Lampiran 2 : Foto Pengolahan Produk
Lampiran 3 : Analisis SWOT
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Siapa yang tidak mengenal tahu? Tahu adalah
makanan yang dibuat dari endapan perasan biji kedelai yang mengalami koagulasi.
Saat ini tahu banyak dibuat menjadi berbagai makanan, seperti tahu isi, tahu
bulat, lumpia tahu, dan masih banyak lagi. Dalam makalah ini kami akan membahas
tentang usaha makanan ringan yang masih belum banyak diketahui masyarakat, Tahu
Rambutan.
Kami memilih “Tahu Rambutan” agar para
penikmat jajanan/kuliner lezat ini dapat mencoba tahu dalam inovasi yang
berbeda ini. Harganya juga terjangkau, selain itu bahan-bahannya mudah didapat
dipasaran. Tahu dalam Tahu Rambutan ini akan dipadukan bersama tepung dan
bumbu-bumbu juga dilapisi dengan remahan mie.
Usaha ini merupakan suatu kegiatan usaha
yang bergerak dibidang makanan ringan khususnya “Tahu Rambutan”. Kegiatan usaha
ini bertujuan untuk mengembangkan bisnis usaha rumahan dengan tujuan memenuhi
keinginan konsumen juga untuk memenuhi tugas dari mata pelajaran Prakarya dan
Kewirausahaan.
B. Rumusan Masalah
a. Bagaimana strategi dalam penjualan makanan ringan “Tahu Rambutan”?
b. Apa keunggulan dari usaha makanan ringan “Tahu Rambutan”?
c. Apa dampak dan resiko dari usaha tersebut?
d. Bagaimana rencana aktivitas dan penjadwalan penjualan?
C. Tujuan
a. Mengetahui strategi dalam penjualan “Tahu Rambutan”
b. Mengetahui keunggulan dari usaha “Tahu Rambutan”
c. Mengetahui dampak dan resiko dari usaha “Tahu Rambutan”
d. Mengetahui rencana aktivitas dan penjadwalan penjualan
BAB II
PEMBAHASAN
A. Rencana Bisnis
Tahu adalah makanan yang dibuat dari
endapan perasan biji kedelai yang mengalami koagulasi. Saat ini tahu banyak
dibuat menjadi berbagai makanan, seperti tahu isi, tahu bulat, lumpia tahu, dan
masih banyak lagi. Dalam makalah ini kami akan membahas tentang usaha makanan
ringan yang masih belum banyak diketahui masyarakat, Tahu Rambutan.
Kami memilih “Tahu Rambutan” agar para
penikmat jajanan/kuliner lezat ini dapat mencoba tahu dalam inovasi yang
berbeda ini. Harganya juga terjangkau, selain itu bahan-bahannya mudah didapat
dipasaran. Tahu dalam Tahu Rambutan ini akan dipadukan bersama tepung dan
bumbu-bumbu juga dilapisi dengan remahan mie.
Usaha ini dibentuk oleh kami untuk
berwirausaha dan sebagai implementasi dari mata pelajaran Prakarya dan
Kewirausahaan.
VISI
Memproduksi dan menjual makanan yang sehat,
halal, enak, bermutu, dan berbeda dari makanan lain.
MISI
a) Makanan yang berbeda dari yang lain
b) Dari bahan berkualitas segar dan halal
c) Kerjasama yang baik
d) Membangun hubungan yang baik dengan konsumen
e) Mengembangkan inovasi-inovasi baik dalam produk maupun pelayanan dengan
professional
f) Mengembangkan usaha di beberapa tempat yang strategis untuk menjadi
usaha terbaik di Indonesia.
B. Strategi Bisnis
Kegiatan Pemasaran dan Promosi
·
Membuat brosur di media sosial yang berpotensi viral
·
Membuat pamflet yang dipajang di mading sekolah
·
Memberikan pootngan persentase harga pada penjualan
pertama
Target Pasar
Sasaran pemasaran untuk permulaan usaha ini
belum cukup luas, hanya di sekitar sekolah saja. Namun jika penjualan ini terus
berkembang seiring bertambah banyaknya pelanggan, maka sasaran pemasaran akan
diperluas.
Strategi Pemasaran
Strategi pemasaran yang dilakukan adalah
dengan cara menjual produk ini di tempat pusat keramaian seperti di sekolah.
Dan target utama pemasaran kami ialah anak muda, karena anak muda senang
membeli jajanan yang unik dan baru.
Serta strategi yang tidak memerlukan banyak
biaya untuk melakukannya yaitu cukup dengan memeberitahukan/bercerita dengan
teman-teman atau keluarga untuk mempromosikan usaha ini. Sehingga secara tidak
langsung semua konsumen akan mengetahui usaha ini dan membeli Tahu Rambutan
kami.
C. Keunggulan Usaha
Kami menawarkan suatu produk yang memiliki
rasa yang unik dan juga berkualitas. Yaitu produk Tahu Rambutan yang jarang
dijual di pasaran. Kami juga menyelipkan harga yang terjangkau, tanpa bahan
pengawet dan menyajikan cita rasa yang berbeda.
·
Bahan baku yang mudah didapat
Bahan baku pembuatan Tahu Rambutan ini sudah
tersedia di pasar-pasar ataupun warung
·
Fungsi pemasaran
Dengan majunya teknologi maka maju pula
promosi. Sehingga promosi gampang sekali dilakukan di media sosial.
D. Analisis dan Dampak Resiko
Usaha
·
Dampak terhadap masyarakat sekitar
·
Dampak terhadap lingkungan
·
Analisis resiko usaha
·
Produk yang kurang menarik minat masyarakat
Manusia memiliki selera yang berbeda satu sama
lain. Demikian pula dalam hal masalah makanan. Semua kalangan, khususnya ibu
kurang memperhatikan makanan yang diberikan oleh anaknya, sehingga kebanyakan
anak lebih suka makan makanan cepat saji.
·
Tahu Rambutan yang kurang diminati
Adakalanya barang tidak memenuhi stand, toko
atau bahkan gudang. Sdehingga menimbulkan kesan monoton dan menurunkan kualitas
produk. Karena mungkin orang dapat beranggapan Tahu Rambutan suatu makanan yang
tidak modern.
·
Antisipasi resiko usaha
·
Produk kurang menarik minat masyarakat
Setiap orang pasti memiliki persepsi terhadap
apa yang mereka lihat. Cara kami mengantisipasi kurangnya minat konsumen adalah
dengan melakukan promos. Jadi kami bukan hanya bertujuan untuk selalu
mendapatkan keuntungan. Tetapi kami juga memperhatikan makanan yang dikonsumsi.
Maka dengan ini menarik pelanggan mencoba produk kami.
·
Tahu Rambutan yang tidak laris
Kami melakukan antisipasi dengan membuta
kreasi yaitu bisa request isi sesuai dengan selera dan masukan dari pelanggan.
Sehingga konsumen tidak memberikan kesan bahwa Tahu Rambutan makanan yang tidak
modern.
E. Keberlanjutan
Kami berharap usaha kami ini dapat menjadi
usaha yang berkelanjutan dan tidak monoton.
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Demikianlah
proposal ini kami ajukan, semoga mendapatkan sambutan yang positif. Dan dapat
menjadi bahan pertimbangan serta dapat menjalin kerjasama yang baik dengan
pihak-pihak yang bersangkutan. Harapan kami adalah dapat memberi kontribusi
yang baik kepada sekolah, masyarakat, bangsa, dan negara.
Usaha yang kami
dirikan merupakan Perusahaan Perseorangan dengan harapan akan memperoleh
keuntungan. Dan dengan selesainya proposal usaha ini, kami berharap dapat
segera mewujudkan usaha yang telah kami rencanakan ini.
3.2 Saran
Dari hasil
proposal diatas maka kami harap anda bersedia untuk bekerja sama atau menanamkan
modal bagi usaha kami dengan memperhatikan aspek-aspek diatas.
Segala saran
dan kritik yang membangun sangatlah kami harapkan dari semua pihak, karena kami
menyadari bahwa proposal kami masih jauh dari kata sempurna. Saran dan kritik
tersebut semoga saja dapat menjadi lebih baik lagi di hari esok. Atas
perhatiannya kami ucapkan terima kasih.
Komentar
Posting Komentar