contoh proposal bisnis


KATA PENGANTAR

Puji dan Syukur penulis panjatkan yang kepada Allah SWT, yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan naskah proposal ini yang berjudul “Usaha Makanan Ringan” dapat diselesaikan.
Dengan selesainya naskah proposal ini tidak terlepas dari bantuan banyak pihak yang telah memberikan masukan-masukan kepada penulis. Untuk itu penulis menyampaikan terima kasih yang tulus kepada: 
1.      Bapak dan Ibu yang senantiasa memberikan nasihat, dukungan semangat, pengorbanan yang tiada tara serta doa yang tak pernah berhenti mengalir.

2.      Bapak Achmad Fauzi, M.Kom, selaku guru mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan yang telah memberikan bimbingan, arahan, dan motivasi dalam mengerjakan proposal ini.

3.      Teman-teman kelas XI MIPA 3, terima kasih atas kebersamaan, kerja keras, dan dukungan motivasinya.

4.      Bapak dan Ibu guru di Program Studi Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Madrasah Aliyah Negeri 19 Jakarta yang telah dengan sabar memberikan ilmu pengetahuan, pencerahan, dan bimbingan dalam belajar.
Penulis menyadari bahwa penulisan proposal ini jauh dari sempurna karena masih banyak kekurangan, baik dari materi maupun teknik penyajiannya, mengingat masih kurangnya pengetahuan dan pengalaman penulis. Untuk itu, kritik dan saran yang membangun sangat penulis harapkan.

 Jakarta, Oktober 2017



Penulis





DAFTAR ISI

LEMBAR PENGESAHAN
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
DAFTAR GAMBAR
DAFTAR TABEL
DAFTAR LAMPIRAN
I.          PENDAHULUAN
            A.        Latar Belakang
            B.        Rumusan Masalah
            C.        Tujuan dan Manfaat Penulisan
                       
II.        PEMBAHASAN
            A.        RENCANA BISNIS
·         VISI
·         MISI
B.        STRATEGI BISNIS
·         Kegiatan pemasaran dan promosi
·         Target pasar
·         Strategi pemasaran
C.        KEUNGGULAN USAHA
·         Bahan baku yang mudah didapat
·         Fungsi pemasaran
D.        ANALISIS DAN DAMPAK RESIKO USAHA
·         Dampak terhadap masyarakat sekitar
·         Dampak terhadap lingkungan
·         Analisis resiko usaha
·         Produk yang kurang menarik minat masyarakat
·         Tahu rambutan yang kurang diminati
·         Antisipasi resiko usaha
·         Produk kurang menarik minat masyarakat
·         Tahu rambutan yang tidak laris
E.         KEBERLANJUTAN

III.       PENUTUP
            3.1.      Kesimpulan
            3.2.      Saran
LAMPIRAN 




DAFTAR GAMBAR

Gambar 2-1     : Struktur Organisasi
Gambar 2-2     : Logo Usaha
Gambar 3-1     : Perkembangan Pasar





DAFTAR TABEL

Tabel 2-1         : Tabel Kepuasan Pelanggan
Tabel 3-1         : Tabel Pengujian Kualitas



DAFTAR LAMPIRAN

Lampiran 1      : Foto Pembuatan Proposal
Lampiran 2      : Foto Pengolahan Produk
Lampiran 3      : Analisis SWOT




BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Siapa yang tidak mengenal tahu? Tahu adalah makanan yang dibuat dari endapan perasan biji kedelai yang mengalami koagulasi. Saat ini tahu banyak dibuat menjadi berbagai makanan, seperti tahu isi, tahu bulat, lumpia tahu, dan masih banyak lagi. Dalam makalah ini kami akan membahas tentang usaha makanan ringan yang masih belum banyak diketahui masyarakat, Tahu Rambutan.
Kami memilih “Tahu Rambutan” agar para penikmat jajanan/kuliner lezat ini dapat mencoba tahu dalam inovasi yang berbeda ini. Harganya juga terjangkau, selain itu bahan-bahannya mudah didapat dipasaran. Tahu dalam Tahu Rambutan ini akan dipadukan bersama tepung dan bumbu-bumbu juga dilapisi dengan remahan mie.
Usaha ini merupakan suatu kegiatan usaha yang bergerak dibidang makanan ringan khususnya “Tahu Rambutan”. Kegiatan usaha ini bertujuan untuk mengembangkan bisnis usaha rumahan dengan tujuan memenuhi keinginan konsumen juga untuk memenuhi tugas dari mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan.

B.     Rumusan Masalah
a.       Bagaimana strategi dalam penjualan makanan ringan “Tahu Rambutan”?
b.      Apa keunggulan dari usaha makanan ringan “Tahu Rambutan”?
c.       Apa dampak dan resiko dari usaha tersebut?
d.      Bagaimana rencana aktivitas dan penjadwalan penjualan?

C.    Tujuan
a.       Mengetahui strategi dalam penjualan “Tahu Rambutan”
b.      Mengetahui keunggulan dari usaha “Tahu Rambutan”
c.       Mengetahui dampak dan resiko dari usaha “Tahu Rambutan”
d.      Mengetahui rencana aktivitas dan penjadwalan penjualan




BAB II
PEMBAHASAN

A.        Rencana Bisnis
Tahu adalah makanan yang dibuat dari endapan perasan biji kedelai yang mengalami koagulasi. Saat ini tahu banyak dibuat menjadi berbagai makanan, seperti tahu isi, tahu bulat, lumpia tahu, dan masih banyak lagi. Dalam makalah ini kami akan membahas tentang usaha makanan ringan yang masih belum banyak diketahui masyarakat, Tahu Rambutan.
Kami memilih “Tahu Rambutan” agar para penikmat jajanan/kuliner lezat ini dapat mencoba tahu dalam inovasi yang berbeda ini. Harganya juga terjangkau, selain itu bahan-bahannya mudah didapat dipasaran. Tahu dalam Tahu Rambutan ini akan dipadukan bersama tepung dan bumbu-bumbu juga dilapisi dengan remahan mie.
Usaha ini dibentuk oleh kami untuk berwirausaha dan sebagai implementasi dari mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan.

VISI
Memproduksi dan menjual makanan yang sehat, halal, enak, bermutu, dan berbeda dari makanan lain.

            MISI
a)      Makanan yang berbeda dari yang lain
b)      Dari bahan berkualitas segar dan halal
c)      Kerjasama yang baik
d)     Membangun hubungan yang baik dengan konsumen
e)      Mengembangkan inovasi-inovasi baik dalam produk maupun pelayanan dengan professional
f)       Mengembangkan usaha di beberapa tempat yang strategis untuk menjadi usaha terbaik di Indonesia.


B.        Strategi Bisnis
Kegiatan Pemasaran dan Promosi
·         Membuat brosur di media sosial yang berpotensi viral
·         Membuat pamflet yang dipajang di mading sekolah
·         Memberikan pootngan persentase harga pada penjualan pertama
Target Pasar
Sasaran pemasaran untuk permulaan usaha ini belum cukup luas, hanya di sekitar sekolah saja. Namun jika penjualan ini terus berkembang seiring bertambah banyaknya pelanggan, maka sasaran pemasaran akan diperluas.
Strategi Pemasaran
Strategi pemasaran yang dilakukan adalah dengan cara menjual produk ini di tempat pusat keramaian seperti di sekolah. Dan target utama pemasaran kami ialah anak muda, karena anak muda senang membeli jajanan yang unik dan baru.
Serta strategi yang tidak memerlukan banyak biaya untuk melakukannya yaitu cukup dengan memeberitahukan/bercerita dengan teman-teman atau keluarga untuk mempromosikan usaha ini. Sehingga secara tidak langsung semua konsumen akan mengetahui usaha ini dan membeli Tahu Rambutan kami.
C.        Keunggulan Usaha
Kami menawarkan suatu produk yang memiliki rasa yang unik dan juga berkualitas. Yaitu produk Tahu Rambutan yang jarang dijual di pasaran. Kami juga menyelipkan harga yang terjangkau, tanpa bahan pengawet dan menyajikan cita rasa yang berbeda.
·         Bahan baku yang mudah didapat
Bahan baku pembuatan Tahu Rambutan ini sudah tersedia di pasar-pasar ataupun warung
·         Fungsi pemasaran
Dengan majunya teknologi maka maju pula promosi. Sehingga promosi gampang sekali dilakukan di media sosial.
D.        Analisis dan Dampak Resiko Usaha
·         Dampak terhadap masyarakat sekitar
·         Dampak terhadap lingkungan
·         Analisis resiko usaha
·         Produk yang kurang menarik minat masyarakat
Manusia memiliki selera yang berbeda satu sama lain. Demikian pula dalam hal masalah makanan. Semua kalangan, khususnya ibu kurang memperhatikan makanan yang diberikan oleh anaknya, sehingga kebanyakan anak lebih suka makan makanan cepat saji.
·         Tahu Rambutan yang kurang diminati
Adakalanya barang tidak memenuhi stand, toko atau bahkan gudang. Sdehingga menimbulkan kesan monoton dan menurunkan kualitas produk. Karena mungkin orang dapat beranggapan Tahu Rambutan suatu makanan yang tidak modern.
·         Antisipasi resiko usaha
·         Produk kurang menarik minat masyarakat
Setiap orang pasti memiliki persepsi terhadap apa yang mereka lihat. Cara kami mengantisipasi kurangnya minat konsumen adalah dengan melakukan promos. Jadi kami bukan hanya bertujuan untuk selalu mendapatkan keuntungan. Tetapi kami juga memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Maka dengan ini menarik pelanggan mencoba produk kami.
·         Tahu Rambutan yang tidak laris
Kami melakukan antisipasi dengan membuta kreasi yaitu bisa request isi sesuai dengan selera dan masukan dari pelanggan. Sehingga konsumen tidak memberikan kesan bahwa Tahu Rambutan makanan yang tidak modern.

E.        Keberlanjutan
Kami berharap usaha kami ini dapat menjadi usaha yang berkelanjutan dan tidak monoton.




BAB III
PENUTUP

3.1       Kesimpulan
Demikianlah proposal ini kami ajukan, semoga mendapatkan sambutan yang positif. Dan dapat menjadi bahan pertimbangan serta dapat menjalin kerjasama yang baik dengan pihak-pihak yang bersangkutan. Harapan kami adalah dapat memberi kontribusi yang baik kepada sekolah, masyarakat, bangsa, dan negara.
Usaha yang kami dirikan merupakan Perusahaan Perseorangan dengan harapan akan memperoleh keuntungan. Dan dengan selesainya proposal usaha ini, kami berharap dapat segera mewujudkan usaha yang telah kami rencanakan ini.
3.2       Saran
Dari hasil proposal diatas maka kami harap anda bersedia untuk bekerja sama atau menanamkan modal bagi usaha kami dengan memperhatikan aspek-aspek diatas.

Segala saran dan kritik yang membangun sangatlah kami harapkan dari semua pihak, karena kami menyadari bahwa proposal kami masih jauh dari kata sempurna. Saran dan kritik tersebut semoga saja dapat menjadi lebih baik lagi di hari esok. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Komentar